Selasa, 26 Februari 2013

Beragam Manfaat Pohon Pisang

Beragam Manfaat Pohon Pisang

manfaat pohon pisang
Tanaman pisang, sama seperti tumbuhan lainnya, terdiri dari akar, batang, daun dan juga buah. Tanaman tropis dengan ukuran besar ini memang istimewa sebab hampir semua bagiannya bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Tak hanya buah saja, bagian batang pohon, kulit buah bahkan daun pisang juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi manusia. Dan yang menjadi fokus kajian di artikel ini adalah bagian pohon buah pisang. Di antara semua bagian pohon pisang, boleh jadi batanglah yang paling sedikit dimanfaatkan. Hal ini terkait dengan kurangnya informasi memadai mengenai manfaat pohon pisang yang tak kalah dari bagian lainnya. Berikut uraian manfaat pohon pisang yang boleh jadi Anda belum ketahui.

Kandungan Pohon Pisang

Sebelum mengurai manfaat pohon pisang, tak berlebihan rasanya jika kita mengurai senyawa apa saja yang tersimpan pada bagian tersebut. Sesungguhnya secara ilmiah, tidak tepat jika disebut pohon pisang sebab batang pada pisang hanya bersifat semu yang tersusun dari pelepah. Sehingga secara ilmiah, penyebutan yang benar adalah tanaman pisang. Adapun senyawa yang terkandung di dalam pohon pisang tepatnya bagian batang adalah zat antrakuinon, saponin, flavanoid, asam askrobat dan masih banyak lagi lainnya.

Zat antrakuinon ini sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut terutama dalam hal menumbuhkan dan menyuburkan serta menanggulangi kerontokan. Sementara itu zat saponin sendiri memiliki manfaat menyembuhkan luka lebih cepat sebab pembuluh darah lebih aktif menutup luka. Sementara itu asam askrobat berfungsi untuk memprerkuat dan mempercepat pertumbuhan jaringan ikat atau kolagen baru dan akan berefek positif pada kulit. Yang terakhir adalah flavanoid. Zat ini dikenal sangat bermanfaat menanggulangi radang sebab bersifat anti-inflamasi.

Manfaat Batang Pohon Pisang

Bagian pohon pisang yang sangat bermanfaat adalah jantung batang pisang. Jantung ini diperoleh dengan membuka lapis demi lapis pelepas batang pisang. Lapisan dengan warna putih, merah dan kecoklatan adalah bagian jantung batang pisang yang lazim dimanfaatkan terutama dalam hal kuliner. Batang pisang ini, di Jogjakarta biasa diolah menjadi makana kecil seperti keripik. Sementara itu, di daerah lain seperti Sulawesi Selatan, jantung batang pisang bahkan lazim diolah menjadi sayur nikmat penggugah selera.

Selain sebagai bahan baku kuliner, manfaat pohon pisang juga cukup beragam terutama dalam hal kecantikan. Getah pohon pisang sangat baik diaplikasikan pada wajah sebab bisa meregenerasi kulit wajah Anda. Selain itu, batang pohon pisang juga bisa digunakan untuk mengobati kerontokan rambut dan juga menyuburkan. Caranya cukup mudah, jika Anda menjumpai batang pisang yang telah ditebang dan sebagian baying tersebut masih tertancap di tanah, segera lubangi bagian tengah batang sampai membentuk mangkuk. Anda bisa menutupnya dengan daun atau plastik. Tunggu sampai esok pagi, Anda akan menjumpai mangkuk pada batang tersebut terisi dengan air. Gunakan air tersebut pada rambut Anda. Lakukan sesering mungkin sampai hasilnya terlihat.  Selain bekhasiat menyuburkan rambut, air ini juga ternyata ampuh digunakan sebagai pembersih darah selepas melahirkan, mencegah uban, obat radang ginjal, sifilis, wasir berdarah, disentri, diare dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar