Selasa, 26 Februari 2013

Resep Praktis: Cara Membuat Pisang Bakar


Cara Membuat Pisang Bakar
Rasa nikmat pisang bukan lagi rahasia. Buah dengan warna kuning cerah ini memang memiliki rasa yang khas. Istmewanya, pisang nikmat dimakan secara langsung atau setelah diolah. Ada beragam jenis olahan pisang. Salah satu yang sedang digemari berbagai kalangan adalah jenis pisang bakar. Kuliner yang satu ini banyak dijumpai di berbagai spot jajanan di berbagai kota. Tak hanya di Indonesia loh, tapi di belahan dunia lainnya. Pada dasarnya, cara membuat pisang bakar cukup mudah. Anda pun bisa meraciknya dari dapur. Dengan sedikit kreatifitas, pisang bakar nikmat akan tersaji. Berikut resep pisang bakar yang layak dicoba.
Pisang Bakar Keju

Salah satu jenis pisang yang digemari adalah pisang bakar keju. Cara membuat pisang bakar ini cukup mudah, berikut bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Pisang matang sebanyak 10 buah. Rekomendasi jenis pisang yang nikmat dipakai adalah Pisang Ambon.
  2. Mentega sebanyak 3 sendok makan.
  3. Kerju sebanyak 100 gram. Parut.
Bahan untuk saus:
  1. Gula pasir sebanyak 150 gram.
  2. Krim kental sebanyak 50 mililiter
  3. Mentega sebanyak 1 sendok makan.
Cara Membuat
Pertama, siapkan saus caramel. Caranya mudah, panaskan gula di dalam panci. Pastikan api kecil sehingga gula menjadi caramel secara sempurna. Selanjutnya, masukkan krim kental juga mentega. Terus aduk sampai semua tercampur sempurna. Angkat dan simpan di wadah.
Buka pisang yang hendak dibakar. Anda bisa membagi dua pisang tersebut secara sempurna, bisa juga dibelah dua tapi tidak terpisah seperti pada pisang kipas, atau juga bisa membakarnya secara utuh tanpa dibelah. Jangan lupa sebelum dibakar, baik itu di wajan atau di alat pemanggang, pisang diolesi dengan margarine terlebih dahulu. Setelah kecoklatan, angkat pisang dan simpan di piring. Setelah itu, taburi keju di atasnya dan baluri dengan saus caramel yang telah dibuat tadi. Mudah bukan? Nikmat saat hangat!

Pisang Bakar Ice Cream Dengan Saus Coklat

Salah satu resep pisang bakar lainnya yang wajib dicoba adalah pisang bakar ice cream dengan saus coklat. Adapun cara membuat pisang bakat yang satu ini sebagai berikut.
Siapkan bahan-bahan, antara lain:
  1. Pisang sebanyak 5 buah atau sesuai yang Anda butuhkan.
  2. Ice cream di dalam kemasan. Pilihan rasa bisa Anda sesuaikan dengan selera. Rekomendasi terbaik adalah vanilla.
  3. Margarin secukupnya.
  4. Untuk saus coklat, bisa dibeli langsung atau dibuat di rumah. Adapun bahan untuk membut saus coklat adalah coklat batangan dan krim kental. Potong-potong coklat batang dan campur dengan krim kental kemudian stim beberama menit hingga kental.
Cara Membuat Pisang Bakar Ice Cream
Kupas kulit pisang dan belah dua. Setelah itu baluri dengan margarine dan selanjutnya dibakar di atas wajan atau di pemanggang khusus. Setelah pisang coklat merata, angkat dan sajikan di piring. Tambahkan saus kental coklat yang telah dibuat tadi. Terakhir, ambil 1 skup ice cream dan taruh di atas pisang bakar. Perpaduan hangat pisang dan dingin es krim membuat pisan ini sangat digilai!

Banana Barbeque 


Selain resep di atas, ada pula resep pisang bakar istimewa yang disebut Banana Barbeque. Cara membuat pisang bakar yang satu ini sangat praktis dan mudah. Meski demikian, rasanya sangat istimewa sebab saat dibakar kulit pisang tetap menempel dan memberi aroma yang khas. Tertarik membuat? Berikut resepnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Banana Barbeque adalah sebagai berikut:
  1. Pisang sebanyak 10 buah atau sebanyak yang Anda butuhkan. Pilih pisang yang sudah matang sempurna tapi kulitnya masih bagus.
  2. Butiran choco chips secukupnya. Jika tidak Ada, Anda bisa menggunakan coklat batangan yang diparut.
  3. Parutan keju batangan secukupnya.
Cara membuat pisang bakar Banana Barbeque
Ambil pisang dan pada kulit  bagian lengkungan dalamnya dibuka dengan pisau. Pastikan daging pisang juga terbelah tetapi tidak sempurna. Pada belahan tadi, masukkan choco chips atau coklat parut. Selanjutnya tutupi dengan parutan keju. Setelah siap, pisang dibakar dengan api sedang. Setelah kulit pisang kecoklatan dan keju juga coklat meleleh, pisang sudah bisa diangkat dan disajikan. Mudah dan nikmat bukan? Selamat mencoba ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar