Selasa, 26 Februari 2013

Khasiat Jantung Pisang bagi Kesehatan


khasiat jantung pisang
Pisang merupakan buah yang populer sebab memiliki kandungan kalori yang baik bagi mereka yang sedang menjaga berat badan. Pohon pisang biasanya tumbuh subur di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Tetapi, di negara non-tropis lainnya sudah banyak dikembangkan teknologi yang bisa membuat pisang tumbuh baik di sana. Bagian tanaman pisang yang paling banyak digunakan adalah buah sebab diketahui nikmat dan menyehatkan. Tetapi sesungguhnya bagian pisang lainnya seperti jantung pisang juga bisa diolah. Istimewanya, khasiat jantung pisang tersebut sama baiknya dengan buah pisang.

Dibandingkan buah, bagian jantung pisang memiliki harga jual yang lebih murah. Meski murah tapi jangan anggap remeh, sebab secara klinis terbukti khasiat jantung pisang sangat baik dalam menjaga kesehatan manusia. Menurut para ahli, setiap 25 gram jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak dan 7,1 gram zat karbohidrat. Selain itu, jantung pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan juga mineral penting seperti fosfor, kalsium serta Fe/Zat besi.


Baik Untuk Diet

Jantung pisang sangat baik dikonsumsi mereka yang sedang menjalankan program diat rendah lemak sebab salah satu khasiat jantung pisang  adalah memberi efek kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi dan makanan lainnya. Selain itu, jantung pisang juga mengandung fiber yang tinggi sehingga berkhasiat melancarkan pencernaan dan menyehatkan perut Anda. Selain itu, diketahui bahwa jantung pisang sangat baik bagi penderita diabetes karena indeks glemiknya (GI) tergolong rendah.

Menghalau Stroke

Khasiat jantung pisang lainnya jika dikonsumsi adalah untuk menghalau serangan penyakit jantung juga stroke yang mematikan. Jantung pisang bisa memperlancar sirkulasi darah sebab ia bersifat anti-koagulan yang mencegah terjadinya penggumpalan di dalam darah. Mengingat penyembuhan penyakit jantung juga stroke terbilang mahal, agaknya jauh lebih baik mencegah dengan konsumsi jantung pisang teratur setiap harinya.

Pilih Jantung Pisang Terbaik

Semua pohon pisang bisa memproduksi jantung pisang. Tetapi tidak semua jantung pisang tersebut nikmat jika diolah menjadi makanan. Misalnya saja jantung pisang dari pohon pisang ambon. Rasanya agak pahit sebab banyak mengandung tannin. Oleh sebab itu, hindari jantung pisang ambon dan usahakan untuk menggunakan jantung pisang kapok, pisang batu, pisang siam ataukah pisang klutuk. Masing-masing jenis jantung pisang ini diketahui memiliki rasa yang gurih dan nikmat sebab mengandung senyawa protein yang tinggi sehingga mampu mengalahkan mengalahkan rasa pahit dari  tannin. 

Olahan Jantung Pisang

Setelah memilih jantung pisang yang akan diolah, tentu Anda harus menentukan jenis olahan apa yang hendak Anda racik. Biasanya jantung pisang diracik menjadi sayur lodeh, gulai jantung pisang, pepes jantung pisang, tumis jantung pisang, urap, dendeng dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, jantung pisang juga nikmat dijadikan lalapan dan disantap dengan sambal terasi. Setelah diolah, jantung pisang memiliki rasa yang khas sehingga nikmat di lidah. Istimewanya khasiat jantung pisang tidak berkurang sedikitpun. Jadi, jangan ragu mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar