Selasa, 26 Februari 2013

Dendeng Jantung Pisang


dendeng jantung pisang
Tanaman pisang merupakan tumbuhan yang berkembang subur di wilayah dengan iklim tropis. Di Indonesia sendiri, pisang boleh dikatakan merupakan buah yang paling populer di semua kalangan. Harganya yang murah serta ketersediaannya yang melimpah membuat buah yang satu ini seolah melebur dan menjadi bagian hidup masyarakat. Selama ini, kita mungkin mengira bagian pohon pisang yang dipergunakan hanyalah buah. Pendapat tersebut sepenuhnya salah sebab selain buah, jantung pisang juga ternyata bisa diolah menjadi penganan nikmat dan sehat. Salah satu jenis olahannya adalah dendeng jantung pisang.

Rendang Rendah Lemak


Senyawa yang terkandung dominan dalam jantung pisang adalah karbohidrat sekitar 6 sampai 8 gram per 100 gram. Jumlah ini termasuk kecil jika dibandingkan komponen kuliner lainnya. Selain karbo, jantung pisang juga diketahui mengandung senyawa protein, fosfor, kalsium, Fe atau zat besi, dan sejumlah vitamin seperti A, B1 juga C. Untuk lemak, jantung pisang cenderung rendah. Dengan demikian, dendeng yang diolah dari bahan jantung pisang juga aman dikonsumsi sebab rendah lemak. Untuk menjaga hal ini, penting bagi Anda untuk menggunakan minyak yang tidak mengandung kadar lemak yang merusak dendeng jantung pisang.

Cara Mengolah

Jika Anda tertarik meracik dendeng jantung pisang, pertama-tama Anda harus memastikan jantung pisang yang Anda gunakan merupakan jenis yang terbaik. Sebab, ada jenis jantung pisang tertentu yang terasa pahit jika dikonsumsi karena mengandung tannin yang tinggi, contohnya jantung pisang ambon. Sebaiknya Anda menggunakan jantung pisang batu, pisang siam atau pisang klutuk karena memiliki kadar protein tinggi yang mampu mengusir rasa pahit dari tannin.

Jika Anda tertarik membuat dendeng pisang nikmat, berikut bahan-bahan yang diperlukan:
  • 4 buah Jantung Pisang
  • Daging ikan mujair. Bahan ini bisa diganti dengan daging ikan lainnya tergantung pada selera Anda. Takarannya disesuaikan dengan selera, namun direkomendasikan sebanyak 50 gram
  • Bumbu antara lain: gula putih 3 sdm, bawang merah 10 siung, bawang putih 5 siung, asam jawa secukupnya, ketumbar 1 sendok makan, lengkuas sebanyak 3 biji, garam dapur 1 sendok teh, serta penyedap rasa jika diinginkan. Haluskan semua bumbu.
Setelah semua bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah membersihkan jantung pisang setelah itu dipotong tipis-tipis searah dengan lajur seratnya. Setelah dalam keadaan terpotong, jantung pisang direbus sampai mendidih. Kemudian angkat dari wadah perebusan dan  lanjutkan dengan cara dikukus. Durasi pengukusan sekitar 3 sampai 4 jam.

Setelah empuk, baru kemudian jantung pisang ditumbuk. Anda tidak disarankan menggunakan blender sebab serat pada jantung pisang tak boleh terlalu halus. Setelah lumat, campur jantung pisang dengan daging ikan mujair yang juga telah dalam keadaan halus. Setelah itu, masukkan semua bumbu halus tadi ke dalam wajan dan tumis. Setelah wangi, masukkan adonan jantung pisang yang telah bercampur dengan daging ikan. Aduk hingga benar-benar tercampur sempurna dengan bumbu. Setelah merata, angkat adonan dan dinginkan. Selanjutnya, bentuk adonan menjadi lapisan persegi panjang dengan ketebalan 3 sampai 5 milimeter. Setelah itu jemur sampai kering. Durasi pengeringan bisa tiga hari atau bahkan seminggu, tergantung pada tingkat sinar matahari. Setelah kering, dendeng siap digoreng dan disantap bersama keluarga. Secara umum, pembuatan dendeng jantung pisang cukup mudah. Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha, boleh jadi dendeng jantung pisang layak untuk diseriusi. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar