Selasa, 26 Februari 2013

Jangan Buang Pelepah Pisang Anda!


Pelepah Pisang
Isu Global Warming menyentak kesadaran masyarakat akan lingkungan. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi berbagai sektor termasuk kesadaran konsumen untuk memilih produk ramah lingkungan. Peluang ini menjadi lahan baru yang tentu menarik untuk digeluti utamanya bagi para pengerajin. Pasalnya, dengan sedikit kreatifitas, kita bisa menciptakan sebuah karya seni pun benda fungsional yang terbuat dari bahan limbah yang biasanya hanya dibuang. Salah satu limbah yang saat ini sangat populer dan menjadi primadona adalah pelepah pisang. Produk dari limbah pohon pisang ini memiliki cita rasa seni yang tinggi dan tentunya bernilai ekonomi. Tertarik?

Pelepah pisang bisa diolah menjadi beberapa benda fungsional seperti tas, sandal, matras atau tikar, lampu dan masih banyak lainnya. Jika Anda seseorang yang berjiwa seni, pelepah pisang juga bisa Anda sulap menjadi patung dan lukisan yang memikat. Pada prinsipnya, semua bergantu pada kreatifitas Anda. Sebagai bahan inspirasi, berikut kami berikan langkah-langkah pembuatan benda bernilai ekonomi dari pelepah pisang yang bisa Anda coba.


Lukisan Menarik Dari Pelepah Pisang

Benda seni yang bisa dibuat dari pelepah pisang adalah lukisan. Sulit? Tidak juga. Pasalnya Anda hanya menempelkan pelepah pisang pada pola yang telah Anda buat sebelumnya. Penasaran? Berikut bahan-bahan dan juga alat yang harus Anda kumpulkan untuk membuat lukisan dari pelepah pisang:
  1. Pelepah pisang yang telah dikeringkan
  2. Papan atau tripleks.
  3. Lem kayu, baiknya fox.
  4. Pensil, Gunting dan juga penggaris. 

Cara membuat lukisan pelepah pisang:
Langkah pertama adalah membersihkan pelepah pisang yang telah kering dan kemudian direndam di dalam kamper yang telah dicairkan dengan menggunakan minyak tanah kurang lebih selama 1 hingga 3 jam. Setelah itu, keringkan pelepah pisang dan siap digunakan. langkah berikutnya, ambil pelepah pisang dan tempelkan pada tripleks sebagai backround. Jika pelepah yang dibunakan gelap maka gambarnya harus terang dan jika backround terang maka gambar harus terang.

Selanjutnya, pada backround, gambar pola lukisan sesuai keinginan Anda. Setelah selesai, potong pelepah pisang dengan mengikuti pola lukisan. Kemudian tempelkan satu per satu. Setelah selesai, jemur di bawah terik matahari. Hasilnya, lukisan pelepah pisang Anda siap dipajang! Untuk hasil yang maksimal, kembangkan jiwa kreatif Anda ya! 
Tempat Pensil Dari Pelepah Pisang 

Salah satu benda fungsional yang bisa dengan mudah dibuat dari pelepah pisang adalah tempat pensil. Berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan:
  1. Pelepah pisang yang telah dikeringkan.
  2. Gunting.
  3. Kertas karton yang akan dibuat sebagai dasar tabung.
  4. Lem. Sebaiknya gunakan yang daya rekatnya tinggi sepertoi foz.
  5. Beberapa biji-bijian yang digunakan untuk menghias tempat pensil
Cara membuat:
Siapkan pelepah pisang yang telah Anda keringkan. Kemudian rapikan jangan sampai ada sabutnya yang susut. Setelah rapi. Potong seukuran tabung yang hendak Anda buat tempat pensil. Selanjutnya, tempelkan hingga menutupi semua bagian tabung tadi dengan menggunakan lem fox. Pastikan semua permukaan tertutup rapi. Tunggu hingga tabung dan pelepah pisang menempel secara sempurna. Selanjutnya, hias tempat pensil tersebut dengan bebijian yang telah Anda siapkan. Dan, jadi! Tempat pensil dari pelepah pisang siap Anda gunakan. Jika hendak dijual, pastikan tampilannya menarik mata. Anda bisa menambahkan variasi lain untuk mempercantiknya.  
Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar